Pendaftaran ITS 2011

Home

Pada tahun akademik 2011/2012, ITS menyelenggarakan ujian masuk calon mahasiswa baru melalui dua pola penerimaan:

* Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Program Bidik Misi, yang dilaksanakan secara nasional oleh semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk Program Sarjana, dan
* Seleksi Masuk ITS (SMITS), yang diselenggarakan oleh ITS untuk Program Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, dan Pendidikan Profesi.

Seleksi Nasional

* Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
* Program Bidik Misi

SNMPTN

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 66/2010 tentang Perubahan atas PP Nomor 17/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 34/2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Pengururan Tingi Negeri/PTN), maka SNMPTN 2011 dilaksanakan melalui dua jalur:

* Jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan
* Jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Informasi rinci tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2011 (persyaratan, cara pendaftaran, daya tampung, jenis ujian, jadwal, biaya, termasuk kelompok program studi IPA maupun IPS dari 60 PTN) dimuat dalam Buku Panduan Peserta SNMPTN 2011 yang dapat diakses di laman SNMPTN dengan alamat http://www.snmptn.ac.id. Secara khusus, informasi SNMPTN untuk jalur undangan dapat diakses melalui http://undangan.snmptn.ac.id, sedang untuk jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan dapat diakses melalui http://ujian.snmptn.ac.id.

Selain itu, program studi Desain Produk Industri, yang pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara mandiri oleh ITS, mulai tahun akademik 2011/2012 menerima calon mahasiswa baru melalui SNMPTN, baik untuk jalur undangan maupun jalur tertulis dan keterampilan.

Jalur Undangan

Pola penerimaan calon mahasiswa baru melalui Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) yang diselenggarakan oleh ITS pada tahun-tahun sebelumnya, baik untuk PMDK Reguler mapun PMDK Berprestasi, mulai tahun akademik 2011/2012 diselenggarakan secara nasional melalui SNMPTN jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik.

Jalur undangan ini dibuka untuk semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS, termasuk program studi Desain Produk Industri yang pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara mandiri oleh ITS.

Jalur Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan

SNMPTN jalur tertulis dan/atau keterampilan dilaksanakan melalui seleksi dalam bentuk ujian tertulis dan/atau keterampilan. Jalur ini dibuka untuk semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS. Khusus untuk peserta yang memilih program studi Desain Produk Industri, selain harus mengikuti ujian tertulis juga diwajibkan menempuh ujian keterampilan desain.

Program Bidik Misi

Program ini merupakan program kerja khusus Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010. Pada tahun 2011, Program Bidik Misi memberikan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Di ITS, Program Bidik Misi terbuka untuk semua program studi jenjang sarjana dengan daya tampung total sebesar 450 calon mahasiswa baru.

Program Bidik Misi diintegrasikan dengan pola seleksi SNMPTN, baik untuk jalur undangan maupun untuk jalur ujain tertulis dan/atau keterampilan. Selain itu, pelamar Program Bidik Misi dapat juga mengikuti seleksi Program Kemitraan Mandiri (PKM) yang diselenggarakan secara mandiri oleh ITS.

Seleksi Masuk ITS
Seleksi Masuk ITS (SMITS)

* Program Pendidikan Diploma
o Program Diploma III dan Diploma IV
o Program Diploma III Kerjasama ITS dengan PT. PLN (Persero)
o Program Lanjut Jenjang Diploma (D-III ke D-IV)
* Program Pendidikan Sarjana
o Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)
o Program Lintas Jalur pada Program Sarjana (Dari D-III ke S1)
* Program Pendidikan Pascasarjana
o Program Magister dan Doktor
o Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT)
o Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs.)

Diploma
Program Diploma III dan Diploma IV

Program Diploma terdiri dari program Diploma III (D-III) dan program Diploma IV (D-IV) dan hanya dibuka untuk beberapa program studi:

* Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA): D-III Statitika.
* Fakultas Teknologi Industri (FTI): D-III Teknik Mesin, D-III Teknik Elektro, D-III Teknik Kimia, serta D-III Metrologi dan Instrumentasi.
* Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP): D-III Teknik Sipil dan D-IV Teknik Sipil.

Pelaksanaan ujian masuk D-III dan D-IV diselenggarakan setelah pengumuman SNMPTN jalur tertulis dan/atau keterampilan.
Program Diploma III Kerjasama ITS dengan PT. PLN (Persero)

Mulai tahun akademik 2010/2011 ITS membuka penerimaan calon mahasiswa baru Program Diploma III (D-III) Kerjasama ITS dan PT PLN (Persero) sebagai implementasi kerjasama antara ITS dengan PT. PLN (Persero) untuk memberikan kesempatan kepada lulusan SLTA dalam memperoleh pendidikan yang berorientasi pada kemampuan dan keahlian terapan.

Dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan selama menempuh program ini, yaitu IP sekurang-kurangnya 2,75 dan masa studi paling lama 7 (tujuh) semester, serta persyaratan khusus yang ditentukan oleh PT. PLN (Persero), lulusan program ini dapat diterima sebagai pegawai PT. PLN (Persero).

Program ini hanya dibuka untuk dua program studi di lingkungan Fakultas Teknologi Industri (FTI), yaitu: (a) D-III Teknik Mesin dan (b) D-III Teknik Elektro.
Program Lanjut Jenjang Diploma (D-III ke D-IV)

Program Lanjut Jenjang Diploma ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada lulusan program diploma tiga (D-III) dalam melanjutkan studi ke jenjang pendidikan diploma IV (D-IV) dalam bidang keilmuan atau keteknikan tertentu. Calon mahasiswa yang diterima dalam Program Lanjut Jenjang Diploma wajib menempuh beban studi sekurang-kurangnya 34 sks yang dijadwalkan dalam dua semester.

Program Lanjut Jenjang Diploma hanya dibuka untuk Program Studi D-IV Teknik Sipil. Pelaksanaan pendaftaran dan ujian masuk program ini diselenggarakan dua kali dalam satu tahun, yaitu pada setiap menjelang awal semester gasal dan awal semester genap.

 

Sarjana

Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)

Penerimaan calon mahasiswa baru melalui program PKM ditujukan untuk: (1) Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas, dan (2) Meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan. Seleksi masuk PKM didasarkan pada nilai hasil ujian SNMPTN jalur tertulis dan/atau keterampilan.

Calon peserta PKM wajib mengikuti ujian SNMPTN jalur tertulis dan/atau keterampilan, tetapi pilihan program studinya tidak harus memilih program studi yang ada di ITS. PKM terbuka untuk semua program studi jenjang sarjana yang diselenggarakan oleh ITS.

Program Lintas Jalur pada Program Sarjana (Dari D-III ke S1)

Program Lintas Jalur memberikan kesempatan kepada lulusan program diploma tiga (D-III) untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan sarjana (S1) dalam bidang keilmuan atau keteknikan tertentu. Program Sarjana Lintas Jalur ini dibagi dalam dua tahap pendidikan:

  • Masa percobaan dengan beban studi 36 sks yang dijadwalkan paling lama tiga semester.
  • Tahap sarjana dengan beban studi 34 sks yang dijadwalkan paling lama empat semester.

Pelaksanaan pendaftaran dan ujian masuk Program Lintas Jalur diselenggarakan dua kali dalam satu tahun, yaitu menjelang awal semester gasal dan awal semester genap.

 

Pascasarjana

Program Magister dan Doktor

Pola penerimaan calon mahasiswa baru untuk program magister dan doktor diperuntukkan bagi lulusan program sarjana dan dibuka untuk hampir semua program studi yang diselenggarakan di ITS, kecuali untuk program studi Biologi (FMIPA), Teknik Material dan Metalurgi (FTI), serta Desain Produk Industri dan Perencanaan Wilayah dan Kota (FTSP).

Program Magister dan Doktor menerima calon mahasiswa baru baik untuk calon yang akan didanai melalui Beasiswa Program Pascasarjana (BPPs) maupun yang dibiayai sendiri/instansi.

Pendaftaran dan ujian masuk program Magister dan Doktor dilaksanakan dua kali dalam satu tahun (pada awal semester gasal dan awal semester genap), kecuali beberapa program studi hanya membuka pendaftaran dan ujian masuk sekali dalam setahun (pada awal tahun akademik baru).

Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT)

Program studi MMT, yang berada dalam pengelolaan Program Pascasarjana, merupakan program studi multi-disiplin yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana dalam berbagai bidang. Program Studi MMT mempunyai enam bidang keahlian, yaitu:

  • Manajemen Industri
  • Manajemen Proyek
  • Manajemen Teknologi Informasi
  • Manajemen Teknologi Lingkungan
  • Manajemen Teknologi Transportasi
  • Manajemen Bisnis Maritim

Program studi MMT membuka pendaftaran dan ujian masuk dua kali dalam satu tahun (pada awal semester gasal dan awal semester genap) bersama-sama dengan program studi lainnya.

Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs.)

Pola penerimaan calon mahasiswa baru untuk Pendidikan Profesi Arsitek diperuntukkan bagi lulusan program sarjana Aristektur untuk menjadi Aristek dengan kompetensi yang dapat bersaing di pasar global.

Terdapat dua jenis Pendidikan Profesi Arsitek yang diselenggarakan atas kerjasama antara Program Pascasarjana Jurusan Arsitektur FTSP-ITS dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), yaitu:

  • Jalur pendidikan profesi Arsitek dengan masa pendidikan satu tahun, yang lulusannya akan diberi gelar profesional dengan sebutan Arsitek disingkat Ars.
  • Jalur pendidikan Magister, yang lulusannya akan diberi gelar profesional Magister Arsitektur disingkat M.Ars.

Pelaksanaan pendaftaran dan ujian masuk dari pendidkan profesi Arsitek pada Program Pascasarjana Arsitektur FTSP-ITS diselenggarakan bersama-sama dengan program studi Magister lainnya.

 

Pilihan Program Studi

Sarjana

Fakultas Program Studi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Fisika 1)
Matematika
Statistika
Kima 1)
Biologi 2)
Fakultas Teknologi Industri (FTI) Teknik Mesin 4)
Teknik Elektro
Teknik Kimia 1)
Teknik Fisika
Teknik Industri
Teknik Material dan Metalurgi
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Teknik Sipil
Arsitektur 1)
Teknik Lingkungan 1)
Desain Produk Industri 1) 2) 3)
Teknik Geomatika 1)
Perencanaan Wilayah dan Kota 2)
Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Teknik Perkapalan
Teknik Sistem Perkapalan
Teknik Kelautan
Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) Teknik Informatika
Sistem Informasi 2)
1) Hanya boleh diikuti calon pendaftar yang tidak buta warna.
2) Semua program studi di ITS hanya menerima pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis jurusan eksakta, kecuali program studi Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Sistem Informasi.
3) SNMPTN jalur undangan untuk program studi Desain Produk Industri hanya menerima pendaftar yang berprestasi dalam bidang seni lukis dan/atau seni rupa.
4) SNMPTN jalur undangan untuk program studi Teknik Mesin diutamakan untuk calon pendaftar perempuan.

 

Jadwal Pelaksanaan

 

  • Seleksi Nasional
    • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    • Program Bidik Misi
  • Seleksi Masuk ITS
    • Program Pendidikan Diploma
      • Program Diploma III dan Diploma IV
      • Program Diploma III Kerjasama ITS dengan PT. PLN (Persero)
      • Program Lanjut Jenjang Diploma (D-III ke D-IV)
    • Program Pendidikan Sarjana
      • Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)
      • Program Lintas Jalur pada Program Sarjana (Dari D-III ke S1)
    • Program Pendidikan Pascasarjana
      • Program Magister dan Doktor
      • Program Studi Magister Manajemen Teknologi

      Seleksi Nasional

      • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
      • Program Bidik Misi

      SNMPTN

      SNMPTN Jalur Undangan (S1)
      Pendaftaran 1 Februari – 12 Maret 2011
      Proses seleksi 21 Maret – 14 Mei 2011
      Pengumuman hasil 18 Mei 2011
      Pendaftaran ulang SNMPTN Jalur Undangan Hari pertama pelaksanaan ujian tertulis SNMPTN (31 Mei 2011, pukul 09:00 WIB)
      SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan (S1)
      Pendaftaran 2 – 24 Mei 2011
      Pelaksanaan ujian tertulis 31 Mei – 1 Juni 2011
      Pelaksanaan ujian keterampilan 3 – 4 Juni 2011
      Pengumuman hasil 30 Juni 2011
      Pendaftaran ulang SNMPTN jalur ujian tertulis 4 – 15 Juli 2011

      Program Bidik Misi

      Jadwal pelaksanaan Program Bidik Misi sesuai dengan jadwal SNMPTN jalur undangan dan jalur ujian tertulis/keterampilan, serta Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).

    • Seleksi Masuk ITS

      • Program Pendidikan Diploma
        • Program Diploma III dan Diploma IV
        • Program Diploma III Kerjasama ITS dengan PT. PLN (Persero)
        • Program Lanjut Jenjang Diploma (D-III ke D-IV)
      • Program Pendidikan Sarjana
        • Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)
        • Program Lintas Jalur pada Program Sarjana (Dari D-III ke S1)
      • Program Pendidikan Pascasarjana
        • Program Magister dan Doktor
        • Program Studi Magister Manajemen Teknologi

        Diploma

        Program Diploma III
        Pendaftaran 11 – 19 Juli 2011
        Pelaksanaan ujian tertulis 21 Juli 2011
        Pengumuman hasil 23 Juli 2011
        Pendaftaran ulang program Diploma III 25 – 29 Juli 2011
        Program Diploma III Kerjasama ITS dengan PT. PLN (Persero)

        TBA

        Program Lanjut Jenjang Diploma (D-III ke D-IV)

        TBA

      • Sarjana

        Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)
        Pendaftaran 1 Juni – 7 Juli 2011
        Proses seleksi 9 – 11 Juli 2011
        Pengumuman hasil 12 Jul 2011
        Pendaftaran ulang program PKM 12 – 15 Juli 2011
        Program Lintas Jalur S1 dan Program Lanjut Jenjang D-IV (Sem. Gasal 2011/2012)
        Pendaftaran 20 Juni – 15 Juli 2011
        Pelaksanaan ujian tertulis 18 – 20 Juli 2011
        Pengumuman hasil 25 Juli 2011
        Pendaftaran ulang 26 Juli – 5 Agustus 2011
        Program Lintas Jalur S1 dan Program Lanjut Jenjang D-IV (Sem. Genap 2011/2012)
        Pendaftaran 27 Des 2011 – 13 Jan 2012
        Pelaksanaan ujian tertulis 16 – 18 Jan 2012
        Pengumuman hasil 23 Jan 2012
        Pendaftaran ulang 24 Jan – 3 Feb 2012

        Pascasarjana

        Program Pascasarjana (Sem. gasal 2011/2012)
        Pendaftaran BPPs 1 Maret – 29 April 2011
        Pendaftaran Non-BPPs 1 Maret – 27 Mei 2011
        Pelaksanaan ujian masuk BPPs 10 Mei 2011
        Pelaksanaan ujian masuk Non-BPPs 7 Juni 2011
        Pengumuman hasil 8 Juli 2011
        Pendaftaran ulang 11 – 22 Juli 2011
        Pelaksanaan kuliah penyegaran 25 Juli – 19 Agustus 2011
        Program Pascasarjana (Sem. genap 2011/2012)
        Pendaftaran Non-BPPs 5 Sep – 2 Des 2011
        Pelaksanaan ujian masuk Non-BPPs 13 Des 2011
        Pengumuman hasil 23 Des 2011
        Pendaftaran ulang 2 – 13 Jan 2012
        Pelaksanaan kuliah penyegaran 16 Jan – 10 Feb 2012
        Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT)

        TBA

        Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs.)

        TBA

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: