Memperkecil Ukuran File MP3 dengan JetAudio

Bagi kawan di dunia internet yang baru kenal blog ini, saya mengucapkan selamat datang dan semoga Anda betah berlama-lama dan rutin mengujungi blog saya. Bagi kawan yang sudah biasa keluar-masuk blog saya semoga tidak bosan-bosannya mendukung saya untuk terus berkarya dan memberikan kritik atau saran demi kemajuan blog ini.


Kali ini saya ingin membagi sedikit pengetahuan tentang kompresi file audio yang dalam bahasan kali ini file mp3. Sebagai pecinta musik kita tentu tidak bisa lepas dengan file mp3 yang selalu kita mainkan dengan alat pemutar musik. Dalam hal ini alat pemutar musik yang saya maksud adalah handphone. Banyak kita ketahui rata-rata ukuran file mp3 yang berkualitas tinggi bisa mencapai 4 hingga 9 MB (baca: Megabyte). Padahal kapasitas memory internal handphone sangat tidak mendukung karena begitu besarnya file mp3 yang harus ditampung. Menurut pengamatan saya rata-rata kapasitas memory internal handphone Nokia tidak lebih besar dari Sony Ericsson. Nah bagi yang memiliki kapasitas memory kecil, Anda bisa mencoba mempraktikkan cara ini. Jika Anda pecinta musik sejati, maka Anda harus menyiapkan memory external untuk kapasitas yang lebih leluasa dan handsfree agar tidak mengganggu orang di sekitar Anda [^^].

Kembali lagi ke bahasan, ukuran file mp3 terlalu besar menghalangi kita untuk mendengar lagu-lagu favorit kita. Mengecilkan ukuran file mp3 adalah solusinya. Tapi bagaimana caranya? Bagaimana bisa mengecilkan ukuran file mp3 tapi juga masih memperhatikan kualitas suara? Karena semakin kecil ukuran file mp3 maka bisa dibilang makin tidak enak suaranya. Tapi di sini saya punya sedikit tips mengecilkan file mp3 (untuk selanjutnya baca: convert) dengan hasil kualitas yang lumayan. Semoga Anda bisa mempraktikkannya di komputer masing-masing.

Selamat mencoba!

  1. Siapkan sebuah file mp3 berukuran besar sebagai bahan percobaan kita.
  2. Download aplikasi Jet Audio 7.1.1.3101 Full Version [it’s FREE], kemudian langsung instal di komputer Anda.
  3. Jalankan JetAudio yang sudah Anda instal dan tekan kombinasi ini Ctrl+2 atau pilih Convert untuk meng-convert file audio. Sebuah jendela baru akan terbuka.
  4. “Add Files” untuk memasukkan file mp3 ke dalam daftar yang akan di-convert. Seleksi file-file mana saja yang akan di-convert
  5. Inilah bagian terpenting, Anda harus melakukan konfigurasi yang tepat, yang akan memperkecil ukuran file mp3 tapi masih mempertahankan kualitas suara. Klik tombol “Config” yang ada di bagian “Output format:”. Sebuah kotak akan muncul dan lakukan pengaturan seperti pada gambar.
  6. Atur Channel ke LC-Stereo dan Quality ke Highest Quality (Low Speed). Maka konfigurasi sudah cukup dan selesai, klik OK!

  7. Opsi Target bisa Anda atur sendiri sesuai keinginan Anda. File Naming merupakan opsi cara memberi nama file yang sudah di-convert. Anda bisa mengatur dimana lokasi file hasil convert-an berada.
  8. Setelah segala konfigurasi Anda lakukan klik Start. Tunggu dengan sabar ya..
  9. Setelah proses selesai coba lihat direktori dimana Anda meletakkan hasil convert-an. Bagaimana hasilnya? Apakah ukurannya sudah berubah? Coba dengarkan suaranya! Semoga hasilnya memuaskan..

Masih kurang jelas? Silakan bertanya..
Oia, JetAudio ini bukan hanya program converter biasa tapi lebih multi-program yang bisa digunakan untuk banyak hal, silakan meng-explore-nya sendiri..

tag: JetAudio, convert, compress, mp3 file, music, musik, player, size, tips, trik, audio, computer, free, & full version.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: